Wajib Tahu, Inilah 10 Ciri-ciri Darah Rendah Kambuh

tekanan darah rendah

Bunda karena terlalu sibuk mengurus rumah tangga terkadang kita sering merasa lelah dan pusing. Jika kondisi ini jarang dialami mungkin bunda karena kecapaian saja akan tetapi jika hal ini lebih kerap dialami maka ada baiknya kita periksakan diri kedokter.

ciri-ciri gejala tekanan darah rendah
Ciri-ciri tekanan darah rendah

Bisa jadi ini adalah salah satu gejala tekanan darah rendah. Kondisi tekanan darah rendah pada saat dilakukan pemeriksaan biasanya dibawah angka 90/60 mmHg.

Perlu diketahui ada dua angka yang dipisahkan oleh garis miring. Nah pada angka pertama itu adalah tekanan sistolik yang merupakan tekanan darah pada arteri pada saat jantung berdetak.

Sementara diangka sebelah kanan merupakan tekanan darah pada saat jantung tengah beristirahat yang biasa disebut dengan istilah diastolik.

Idealnya tekanan darah normal pada saat pengukuran menunjukkan angka 120/80 mmHg dan jika dibawah angka 90/60 mmHg dalam istilah kedokteran disebut hipotensi atau tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah ini bisa saja tidak berpengaruh apapun jika kondisi badan bunda dalam keadaan sehat prima namun jika bunda memiliki kondisi kesehatan yang kurang bagus maka hipotensi ini bisa membahayakan diri bunda.

Apa Penyebab Tekanan Darah Rendah?

Umumnya tekanan darah rendah dipengaruhi oleh faktor usia dimana tekanan darah mulai melemah dengan otot-otot jantung yang mulai berkurang primanya. Bukan hanya itu saja perilaku hidup tidak sehat dengan mengkonsumsi makanan tidak sehat menyebabkan flak pada pembuluh darah sehingga tekanan darahnya menjadi tersumbat.

Beberapa faktor penyebab tekanan darah rendah kambuh lainnya diantaranya adalah faktor kehamilan, diabetes atau bisa juga karena gula darah rendah, efek samping penggunaan obat-obatan, hipotiroid atau kelenjar tiroid yang kurang begitu aktif, gagal jantung dan lain sebagainya.

Selain itu pendarahan, alergi, gangguan otot jantung, infeksi darah, badan terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa menyebabkan drop dan membahayakan nyawa.

Ciri-ciri Darah Rendah Kambuh

Secara umum ada beberapa ciri-ciri darah rendah kambuh yang bisa kita ketahui sejak awal dan biasanya ini memang sering kita rasakan diantaranya adalah:

  1. Mual dan pusing disertai sakit kepala
  2. Hilangnya konsentrasi
  3. Tiba-tiba pingsan
  4. Sering dehidrasi dan kehausan
  5. Kulit pucat dan terasa dingin
  6. Penglihatan menjadi kabur
  7. Mudah merasa lelah
  8. Nafas jadi terasa pendek
  9. Merasa tertekan

Biasanya jika kita tengah duduk lama kemudian berdiri maka akan terasa pusing dan seperti ingin pingsan, nah itu bisa jadi bunda memiliki tekanan darah rendah. Jika sering mengalami ciri-ciri diatas maka ada baiknya bunda mulai berkonsultasi dengan pihak dokter,

You May Also Like

About the Author: Yeni Irawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *