Ciri-ciri Terkena Diabetes Di Usia Muda yang Wajib Diketahui

gejala diabetes pada anak muda

Siapa sangka penyakit diabetes ternyata bisa menyerang anak-anak diusia muda. Jika anak-anak dan remaja saja bisa terkena diabetes maka risikonya akan lebih tinggi terjadi pada orang dewasa.

Ciri-ciri terkena diabetes melitus di usia muda dan anak-anak yang perlu diketahui
Ciri ciri terkena diabetes di usia muda dan anak anak

Penyakit diabetes bisa terjadi jika seseorang memiliki pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur. Penyakit diabetes terjadi karena ada gangguan pada hormon insulin yang membuat kada gula pada darah menjadi lebih tinggi.

Baca: Ciri-ciri Darah Rendah Kambuh

Dari statistik tahun 2014 saja seperti yang dirilis oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terdapat 1000 jumlah kasus anak-anak terkena diabetes.

Dua Tipe Diabetes Melitus pada Anak

Ada dua tipe diabetes melitus pada anak yakni Tipe 1 dimana kadar insulinnya rendah karena adanya kerusakan pada sel pankreas juga Tipe 2 yakni adanya resistensi insulin.

  • Diabetes Tipe 1 Pada Anak

Diabetes tipe 1 pada anak ini terjadi karena adanya kelainan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh justru merusak fungsi pankreas. Biasanya anak yang terkena diabetes tipe 1 disebabkan oleh faktor genetic, inveksi virus atau karena pola makan yang tidak sehat.

Seperti anak-anak yang gemar memakan makanan manis dan minuman manis. Selain itu minuman manis kemasan juga berperan besar terjadinya diabetes diusia muda.

  • Diabetes Tipe 2 Pada Anak

Pada tipe dua terjadinya resistensi insulin dimana produksi insulin rendah sehingga kadar gula menjadi lebih besar karena kesulitan diolah menjadi energi.

Pada tipe 2 ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan dimana ada keluarga yang menderita diabetes tipe 2, kemudian faktor obesitas pada anak dan gaya hidup yang tidak sehat seperti makan dan minuman manis namun jarang olahraga.

Ciri-ciri Gejala Diabetes Pada Anak

Berikut ini beberapa ciri-cori gejala diabetes pada anak yang bisa kita kenali lebih awal diantaranya:

  • Mudah lapar dan Nafsu makan meningkat
  • Meski banyak makan namun terlihat lesu dan tidak bersemangat
  • Berat badan turun
  • Kulit terlihat lebih menghitam
  • Adanya luka namun susah untuk sembuh

Ciri-ciri Terkena Diabetes di Usia Muda

Sementara pada remaja ciri-cirinya juga sama saja seperti pada anak-anak diantaranya:

  1. Sering Merasa Haus

Kadar gula yang tinggi dalam darah mengakibatkan air yang ada dalam tubuh kita diserap secara terus menerus sehingga kita akan sering merasa kehausan dan dehidrasi meskipun tidak melakukan aktivitas apapun.

  1. Sering Buang Air Kecil

Jika pada remaja atau dewasa yang banyak minum kemudian sering buang air kecil maka itu adalah hal yang wajar, namun jika buang air kecilnya melebihi batas kewajaran dimana orang dewasa dalam sehari hanya perlu buang air kecil 2 liter saja maka bisa jadi itu tanda-tanda terkena diabetes.

Apalagi jika buang air kecilnya sering terjadi pada malam hari maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  1. Lapar Terus

Produksi insulin yang kurang membuat kita kehilangan energi sehingga otak akan meresponnya dengan rasa lapar agar tubuh kembali mendapatkan energi. Jika kita merasa sering lapar maka ada baiknya segera periksakan gula darahnya.

  1. Berat Badan Menurun

Meskipun banyak makan maka tubuh diawal akan terlihat biasa atau bisa jadi lebih besar namun beberapa bulan kemudian maka akan terlihat lebih kurus. Hal ini karena tubuh membutuhkan alternatif energi yang akhirnya diambil dari sumber lain seperti lemak dan otot sehingga badan menjadi kurus.

  1. Sering Lesu dan Lelah

Otot dan lemak sebagai alternaif pembakaran untuk energi membuat tubuh menjadi sering lemas dan lesu.

  1. Kualitas Pandangan Berkurang

Akibat sering dehidrasi menyebabkan kadar air pada nata berkurang sehingga mengganggu penglihatan. Jika sudah terganggu penglihatannya maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  1. Luka yang Susah Sembuh

Ciri-ciri diabetes tipe dua secara fisik adalah terjadinya luka yang sulit diobati. Jika sulit terobati maka akan rentan terkena infeksi dan perlu perawatan khusus oleh dokter.

  1. Warna Kulit Menghitam

Insulin yang terganggu membuat warna kulit menjadi menghitam, perhatikan pada lipatan-lipatan seperti ketiak dan leher jika terjadi bercak hitam maka perlu periksakan ke dokter.

Gaya Hidup Anak Muda yang Rentan Terkena Diabetes

Penyakit diabetes pada anak muda tentu tidak akan terjadi dengan sendirinya tanpa ada sebab sebelumnya. Ada beberapa gaya hidup anak muda yang bisa menyebabkan diabetes diantaranya:

  • Santai sambil makan dan minum yang manis-manis seperti minuman kemasan atai botolan, kopi dan susu kemasan dengan pemanis dan perasa buatan. Makanan manis seperti kue-kue, permen dan lain sebagainya.
  • Jarang berolah raga
  • Lebih sering tidur hingga berjam-jam.
  • Nongkrong-nongkrong dengan makan dan minuman yang manis-manis.
  • Meski jarak yang dekat tapi lebih memilih naik motor ketimbang jalan kaki
  • Dan lain sebagainya.

Cara Menghindari Diabetes Melitus Di Usia Muda

  • Maka sudah pasti hindari makan dan minuman yang manis-manis apalagi minuman kemasan dengan pemanis dan perasa buatan dan pengawet.
  • Harus mulai atur pola makan dan makanan bernutrisi
  • Harus rajin berolah raga
  • Treatment khusus seperti detok yang rutin seminggu atau dua minggu sekali.

Cara Mengatasi Jika Terkena Diabetes Diusia Muda

Jika sudah terkena diabetes diusia muda maka sebaiknya mulailah memperhatikan pola hidup diantaranya:

  1. Ganti Asupan Karbohidrat Sederhana

Agar kerja insulin menjadi lebih ringan maka gantilah asupan karbogidrat komplek seperti nasi putih, tepung terigu dan gula pasir dengan makanan karbohidrat sederhana seperti sayuran, ubi, gandum, buah-buahan.

  1. Pemanis yang Aman

Mulailah mengganti manis gula pasir dengan gula aren, madu, gula kelapa atau buah-buahan atau bisa juga membeli gula khusus seperti diabetasol dan lain sebagainya.

  1. Hindari Cemilan dan Minuman Manis dan Bahan Kimia

Jika sudah kenyang sebaiknya janganlah nyemil apalagi sampai nyemil makanan-makanan yang manis dan minum-minuman manis seperti kopi kemasan dan susu kemasan.

Juga makanan dan minuman dengan bahan kimia seperti pengawet, pemanis buatan dan perasa makanan.

  1. Konsumsi Makanan Nabati

Biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan lainnya yang bagus untuk tubuh, makanan yang kaya vitamin dan mineral maka sebaiknya lebih diutamakan.

Nah itulah ciri-ciri terkena diabetes melitus diusia muda dan bagaimana sebaiknya cara mengindarinya serta cara pengobatannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Yeni Irawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *